THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

My BLOG...................

My BLOG...................

Rabu, 05 Januari 2011

dasar dasar dalam microsoft exel


Pengenalan Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
  3. Muncul Gambar 1.1















1.2  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus 
mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel


Gambar 1.1

Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan



Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:

1) Judul

Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja

yang aktif.


2) Office Button

Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat 
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish 
dokumen.


3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)

Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses 
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.


4) Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.



5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal

Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.


1.3 Memulai Buat Dokumen

Pada sub bab ini, kita akan membuat dokumen sebagai contoh pengelolaan data sederhana. Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell, dan memanfaatkan fasilitas Autofill. Berikut contoh pengelolaan data yang pertama seperti pada Gambar 1.2.



Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 6.2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
# Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “Daftar Unit Kerja”           pada Cell aktif tersebut.
# Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A3, A4, A5, D4 dan D5 seperti pada tampilan                    dibawah ini:


# Buat data tabel pada Laporan dengan memulai pengetikan pada A7 sampai F7 untuk judul tabel           dan A8, A9, B8, B9, dst untuk data pada tabel.


2. Penggunaan Cell
# Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel maka arahkan kursor ke A1                      kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian klik tombol Merge Cell  agar judul                    laporan terletak ditengah-tengah tabel.

# Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol        Bold  atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic .

3. Penggunaan AutoFill

Pada kolom No, KODE dan NAMA UNIT dapat digunakan Autofill agar lebih cepat dalam memasukkan data yang berulang. Fasilitas ini diaktifkan ketika kotak hitam kecil yang disebut fill handle digeser di atas cell-cell baru. Fill handle berada di ujung kanan bawah cell aktif atau range cell yang dipilih. Ketika menempatkan pointer cell di atas fill handle, pointer cell berubah menjadi tanda tambah, menunjukkan bahwa fasilitas AutoFill telah diaktifkan. Untuk membuat seri label, angka, atau tanggal, geserlah pointer di atas cell-cell yang ingin diisi dengan informasi, lalu lepaskan tekanan tombol mouse. Seperti sulap, muncullah sederetan nilai.



Pada Kolom NO dan KODE, Autofill digunakan untuk membuat seri number secara terurut sedangkan pada kolom Nama Unit digunakan untuk mengcopy data yang sama ke beberapa cell secara cepat. Selanjutnya lengkapi data tabel seperti pada Gambar 1.3.


Gambar 1.3.
4. Penggunaan format Tabel dan Cell
# Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi              border, warna border, warna cell dan style font dengan klik tombol format table seperti ini ,              kemudia akan muncul pilihan style format tabel seperti berikut ini.

Gambar 1.4
# Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 1.4. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara:
* Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai F15, kemudian klik panah pada tombol  dan pilih All Border seperti pada tampilan dibawah ini
di copy dari situs : http://www.tik.tp.ugm.ac.id/site/index.php?option=com_content&view=article&id=63:pengenalanmicrosoftexel2007&catid=34:microsoft-excel&Itemid=69

 

 

 

Microsoft excel dasar-dasar 

bagaimana untuk menanamkan sebuah tabel.

Microsoft Excel adalah alat yang ampuh yang memungkinkan Anda untuk mengambil data dari worksheet dan posisi grafik dalam worksheet. Jenis grafik ini dikenal sebagai Embedded Chart.

Langkah pertama untuk menciptakan tabel Anda adalah untuk memilih data yang ingin Anda chart. Pastikan bahwa Anda memilih label untuk baris dan kolom. Jangan pilih data yang tidak valid, seperti sel-sel kosong atau sel-sel yang tidak Anda inginkan pada tabel Anda.

Sekali Anda telah memilih data langkah berikutnya adalah memilih jenis grafik yang Anda butuhkan. Microsoft Excel menyediakan berbagai macam jenis grafik seperti Area Chart, Bar Chart, Scatter Chart, Column Chart, Pie Chart, Piramida grafik dan banyak lagi. Untuk memilih jenis grafik yang berbeda Chart Jenis memilih tombol dan klik pada tanda panah bawah di sebelah kanan tombol untuk mengeluarkan Chart box drop down.

Excel dasarnya menciptakan sebuah bagan dari data dan grafik yang dipilih akan ditempatkan di atas data. Setelah tabel dibuat, tabel akan memiliki delapan menangani, yang pada dasarnya delapan kotak-kotak persegi kecil yang terletak di setiap tombol titik pada tabel.

Untuk memilih tabel, klik sekali pada tabel dengan tombol kiri mouse Anda. Untuk mengubah jenis grafik setiap saat, pilih grafik dan memilih jenis yang berbeda dari Jenis Chart tombol.

Bergerak dan Sizing sebuah Chart

Masalah terbesar dengan Microsoft Excel adalah bahwa ketika Anda membuat bagan itu tempat itu atas data. Microsoft memungkinkan Anda untuk memindahkan tabel. Untuk memindahkan tempat bagan pointer mouse Anda di atas bagan, tahan tombol kiri mouse Anda ke bawah dan tetap ditahan sementara anda menyeret diagram posisi yang diperlukan.

Untuk mengubah ukuran grafik, pertama klik sekali pada diagram dengan tombol kiri mouse. Ini akan mengaktifkan grafik dan kemudian gerakkan pointer mouse Anda ke salah satu dari delapan menangani hitam. Anda akan tahu kapan Anda lebih dari posisi yang tepat karena menangani akan berubah dari kiri panah menunjuk ke sebuah panah berkepala ganda. Kemudian tahan tombol kiri mouse Anda ke bawah saat Anda tarik pegangan ke ukuran yang dibutuhkan.

Jika Anda memilih menangani yang terletak di sudut tabel, Anda dapat mengatur kedua sisi tabel.

Menyimpan Embedded Chart

Menyimpan sebuah Chart Embedded tidak memerlukan tugas-tugas khusus yang harus dilakukan. Hanya menyimpan file seperti biasa dan bagan yang tertanam akan disimpan dengan data. Ketika Anda membuka lagi file tabel akan berada dalam posisi yang sama.

0 komentar: